MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
Belajar Bahasa Arab (asing) berbeda dengan belajar bahasa ibu, oleh
karena itu prinsip dasar pengajarannya harus berbeda, baik menyangkut
metode (model pengajaran), materi maupun proses pelaksanaan
pengajarannya. Bidang keterampilan pada penguasaan Bahasa Arab meliputi :
1.Kemampuan menyimak (listening competence/mahaarah al– Istima’)
2.Kemampuan berbicara (speaking competence/mahaarah al-kalaam)
3.Kemampuan membaca (reading competence/mahaarah al-qira’ah)
4.Kemampuan menulis (writing competence/mahaarah al - Kitaabah).
Setiap anak pada dasarnya mempunyai kemampuan untuk menguasai setiap bahasa.... read more
1.Kemampuan menyimak (listening competence/mahaarah al– Istima’)
2.Kemampuan berbicara (speaking competence/mahaarah al-kalaam)
3.Kemampuan membaca (reading competence/mahaarah al-qira’ah)
4.Kemampuan menulis (writing competence/mahaarah al - Kitaabah).
Setiap anak pada dasarnya mempunyai kemampuan untuk menguasai setiap bahasa.... read more
Menggambar Bersama Siswa
Buat bapak ibu yang mengajar di SD atau MI, mungkin pernah kehilangan
ide untuk mengajar SBK di kelas. Kadang-kadang ingin menampilkan hal
yang biasa tapi menyenangkan buat anak-anak.
Dulu, sewaktu penulis masih sekolah di SD, selalu bingung jika disuruh
menggambar atau mewarnai. Biasanya tidak punya ide dan bingung jika
disuruh menggambar. Gambar standar pemandangan alam dengan dua buah
gunung dan matahari sedang terbit di antara dua gunung tersebut.
Saat ini jika saya meminta anak-anak menggambar, saya tekankan bahwa
dalam menggambar pemandangan tidak harus diberi gunung atau jika diberi
tidak harus ada 2 gunung dengan 1 matahari di tengahnya. Siswa bebas
menggambar sebuah gunung atau jika mau boleh menggambar perbukitan.
Meskipun tetap saja ada siswa yang tidak puas jika gambarnya tidak diberi matahari (mungkin karena kebiasaan sejak kecil).... read more
No comments:
Post a Comment